Nutrisi untuk Ibu Hamil yang Harus Tercukupi

Masa kehamilan merupakan masa yang perlu diperhatikan dengan baik oleh semua ibu hamil yang berada di seluruh dunia. Ibu hamil harus tercukupi akan kebutuhan nutrisinya agar bayi yang dikandung dapat berkembang dengan baik. Seperti yang Anda ketahui, asupan makanan yang dibutuhkan oleh bayi berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk itulah, semua ibu hamil harus memperhatikan segala macam jenis makanan yang dikonsumsinya. Pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil dapat dilakukan dengan memperhatikan jenis makanan dan kandungan gizi yang dikandung oleh makanan tersebut. Hal ini dilakukan agar ibu hamil dan bayi yang dikandung mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Kebutuhan akan nutrisi untuk ibu hamil tentunya akan berbeda untuk setiap bulannya. Semakin besar ukuran kehamilan, semakin banyak pula jumlah nutrisi yang dibutuhkan. Jumlah nutrisi akan semakin banyak saat ibu hamil masuk ke dalam trimester kedua. Saat ibu berada di dalam trimester kedua, bayi dalam kandungan mulai berkembang. Pembentukan otak dan susunan saraf mulai terbentuk pada masa ini. Karena bayi membutuhkan asupan nutrisi yang baik bagi perkembangannya di dalam kandungan, ibu hamil diminta untuk selalu mengkonsumsi sumber makanan yang bergizi. Berikut ini beberapa nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil pada masa kehamilan:

  • Protein
    Protein yang dibutuhkan ibu hamil sebanyak 60 gr setiap hari. Protein dapat memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.
  • Kalsium
    Kalsium dibutuhka dalam bentukan tulang. Dengan adanya kalsium ini, bayi akan terhindar dari osteoporosis.
  • Zat besi
    Zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil agar mereka terhindar dari anemia. Untuk mendapatkan zat besi, ibu hamil dapat mengkonsumsi daging dan ikan.
  • Vitamin A, vitamin C dan vitamin D

Untuk mendapatkan segala macam vitamin, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin. Ibu hamil diharuskan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari agar kebutuhan akan vitamin tercukupi dengan baik. Ibu hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi sumber makanan yang dapat menggangu kesehatan bayi dan ibu. Agar nutrisi untuk ibu hamil tercukupi dengan baik, ibu hamil harus memilih dengan cermat sumber makanan yang akan mereka asup. Ibu hamil juga dapat mengkonsumsi vitamin pemberian dokter jika diperlukan. Pemberian vitamin tambahan ini mampu memberikan kebutuhan akan vitamin yang tidak dapat diperoleh oleh sumber makanan tertentu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*